TUGAS KE 2 METODE PERANCANGAN PROGRAM

NAMA : DEWI PURWATI
KELAS : 12.3A.35
NIM      : 12171556




TUGAS 2  METODE PERANCANGAN PROGRAM
1.     Buatlah pseudocode & flowchart untuk menghasilkan 1 liter air      denganmenggunakan tabung dengan ukuran 3 liter dan 5 liter. 

DEKLARASI
Ø  Inisiasi tabung 1 liter
Ø  Tabung 3 liter.
Ø  Tabung 5 liter.

              DESKRIPSI
Ø Input 1 liter air.
Ø Jika iya, maka cetak 1 liter air.
Ø Jika tidak, maka kembali input dan cetak sampai 1 liter air.

PSEDUCODE:
a.      Isi penuh tabung 3 liter dengan air (tabung 3 liter berisi 3 liter air).
b.     Tuangkan air dari tabung 3 liter ke dalam tabung air 5 liter (tabung 5 liter, sekarang berisi 3 liter air).
c.      Isi penuh lagi tabung 3 liter dengan air (tabung 3 liter berisi 3 liter air).
d.     Tuangkan air dari tabung 3 liter ke dalam tabung 5 liter hingga penuh (di dalam tabung 3 liter sekarang tersisa 1 liter air).
e.      Buang seluruh air dari tabung 5 liter air (tabung 5 liter kosong).
f.       Tuangkan air dari tabung 3 liter (yang tersisa 1 liter tadi) ke dalam tabung 5 liter (tabung 5 liter sekarang berisi 1 liter air, tabung 3 liter kosong).
g.     Logikanya 3+3=6 , 6-5=1


Flowchart:

Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiiQg0Z1TgIasTZi6XQ00Zv2RJWYq8DDp8ypKdD0jkbNv_M6hmRf520W_VCNXP2Vfh2Cz33N0j9PT_h5rOMaVxGqeXhft3QRTpbvg_xVSU6-qwLv11-AG3cixCNDTVvcFrFELXBht9-slPt/s280/flowchart_bandenk_1.jpg


 2. Buatlah Pseudocode & Flowchart untuk KHS sederhana,
      dengan ketentuan :

                      Tabel Nilai

                  Nilai          Huruf                  Keterangan
                 86-100          A                      Lulus
                 71-85            B                      Lulus
                 61-70            C                      Lulus
                 51-60            D                     Tidak Lulus
                  0-50             E                     Tidak Lulus

 Inputan :
ü Nim
ü Nama
ü Mata Kuliah
ü Nilai (0-100)

Jawab :

Nim                       :        String
Nilai_angka          :        Interger
Nilai_huruf           :        Real
Nama                    :        String
Mata Kuliah          :        String


Keluaran :

Ø Nim
Ø Nama
Ø Mata Kuliah
Ø Nilai Angka (0-100)
Ø Nilai Huruf (A-E)




         Deskripsi :

Read Nim
Read Nama
Read Nilai IF Nilaiangka>=0 AND Nilai_Angka<=50 THEN
NilaiHuruf <- ‘E’ ELSE IF NilaiAngka>=51 AND NilaiAngka<=60 THEN
NilaiHuruf <- ‘D’ ELSE IF NilaiAngka>=61 AND NilaiAngka<=70 THEN
NilaiHuruf <- ‘C’ ELSE IF NilaiAngka>=71 AND NilaiAngka<=60 THEN
NilaiHuruf <- ‘B’ ELSE IF NilaiAngka>=86 AND NilaiAngka<=60 THEN
NilaiHuruf<- ‘A’ END IF IF NilaiAngka>=61 AND
NilaiAngka<=100 THEN
Ket<- “LULUS” ELSE IF NilaiAngka>=0 AND
NilaiAngka<=60 THEN
Ket<-“TIDAK LULUS”
END IF
WRITE NIM

Algoritma
Menu

è Menampilkan menu dengan 4 pilihan:
                                                       i.            Persegi empat.
                                                     ii.            Lingkaran.
                                                  iii.            Balok.


Catatan :
n Luas Persegi         à Sisi         : Real
n Luas lingkaran      àr             : Real
n Konstanta phi       àReal        : 3,14
n Volume Balok      à p . l. t     : Real
n Pilih                      à Interger

           Deskripsi :

WRITE (MENU) 
WRITE (1.PERSEGI EMPAT)
          WRITE (2.LINGKARAN)
WRITE (3. BALOK)
WRITE (4. KELUAR)
       WRITE (Masukan pilihan (1-4) : )
        READ (pilih)
        DEPEND ON pilih

        pilih =1 :
        WRITE (Masukan sisi persegi panjang : )
         READ (sisi)
        1.persegi <-sisi*sisi
         WRITE (luas persegi empat adalah : )
         WRITE (1_Persegi)

         pilih = 2 :
        WRITE (Masukan jari-jari : )
        READ (r)
        l_lingkaran <-Phi*(r*r)
       WRITE (L_lingkaran)

        Pilih = 3 :
       WRITE (Masukan panjang balok)
       READ (t)
       WRITE (volume balok)
       WRITE (Vol_Balok)

       pilih = 4 :
      WRITE (Terima Kasih)
      OTHERWISE
      WRITE (Masukan salah, Ulangi masukan)

    Algoritma
   Pseudocode switch-case

Catatan :
Ø Deskripsi
Ø Start
Ø Input Pilihan
Ø Switc (Pilihan)


   Case 1 “Luas segiempat”
    L <-3xs
    break;
  Case 2 “Luas Lingkaran”
  L<- Tixr
  break;
  Case 3 “Volume Balok”
  L <-p x l x t
  break;
  Case 4
  keluar
  Write
  End


Flowchart:

Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj6Qt9me_qt48B50i60jrF9q93Pti-5XwNDdCtyxvGa16uljM71knqTt4kLY-ruGq_vhWjMe00yqvQmiZzosiEEkUMlikIzyb7NraaswnGgpSgP2HrWEWbCZuk-gOalxuncFHta79Z3BLrz/s280/t_2_2.jpg
















3. Sebutkan contoh operator yang digunakan dalam pemrograman dan contoh         penggunaan dalam program :

1)    Arithmetic operator
2)    Assignment operator
3)    Logical operator
4)    Relational operator
5)    Pointer operator
6)    Bitwise operator


Jawab :

1)     Arithmetic Operator/Operator Aritmetika

Arithmetic Operator(Operator Aritmatika) adalah operator yang digunakan untuk melaksanakan operasi aritmatika.
           Beberapa operator aritmatika antara lain :

*       :        untuk perkalian
        +       :        untuk penjumlahan
              -            :        untuk pengurangan
              /        :        untuk pembagian
        %      :        untuk sisa pembagian (modulus)

Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiSAEZORN1PJC6ZC1Xyp4DUlbnWccFHY68Pyd4H7uo6889Fnv6GG15TtblnLVxXnVC79ftjX4-LkWEnkrB5XCAhyJtoTG5zVhzbB_8P-H2g-9kNbpkWoo_YgINFWKd24c9J9ySV5goVg3xS/s280/t_2_3_1.jpg


2)    Assigment Operator
Assignment Operator (Operator Penugasan) adalah operator yang menggunakan tanda sama   dengan (=) untuk mengisi sebuah nilai dalam suatu variabel.

Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgMsl8AV7qXCcVM4TnXLdq5ngIpAdwr80zH6xF9gtm1c_ix5cm6qtF_tHqUYYcZM2uiAZUcIyR8V7zwJ-w8SNB5Wd2AHyXfKNrjtM-HAfKC3lwVnq12r5wVNfb6s-BBpB2H9ikQGR0JQqtJ/s280/t_2_3_2.jpg





3)    Logical Operator/Operator Logika/Boolean Operator

Operator Booleanatau Operator Logika adalah operator yang digunakan untuk melakukan operasi logika yaitu operator yang menghasilkan nilai TRUE (benar) atau FALSE (salah).
Bebarapa macam Operator Logika antara lain :

a)     AND :        Menghasilkan nilai TRUE jika kedua operand                                   bernilai TRUE

b)    OR    :        Menghasilkan nilai TRUE jika salah satu operand                   bernilai TRUE

c)     XOR :        Menghasilkan nilai TRUE jika salah satu operand                   bernilai TRUE tetapi bukan keduaduanya bernilai                            TRUE

d)    !        :        Mengasilkan nilai tidak TRUE

e)     &&   :        Menghasilkan nilai TRUE jika kedua operand                                   bernilai TRUE

f)      ||        :        Menghasilkan nilai TRUE jika salah satu operand                   bernailai TRUE

Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhmHQEaiCQYASOkKMVJwZc4zlOa_fewDH7HXKMq-NX2my4ifFjH7_cH2pyhIVoAyZ8HTOKACoggo9oQQlmL3UzENJH8TMfamRQ8O9hyphenhyphen1Ggfen3YdDXeohEOFyjALA4a5BprmH4NSxuSnL2c/s280/t_2_3_3.jpg


4)    Relational Operation

Operator Relasionalmerupakan operator yang digunakan untuk menentukan relasi atau hubungan dari dua buah operand. Operator ini ditempatkan di dalam sebuah ekspresi, yang kemudian akan menentukan benar atau tidaknya sebuah ekspresi Di dalam C++, terdapat operasi relasional seperti sebagai berikut.


Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhswhFN4OaBQlsaOhSUwXzywBwn3nTEk927K6lEH1jZ-TZ3Y4zgc0CYswI5cBscg3wmZQXZUtF1N0oG71N0H6RiWcceG8NzfH2o4qklLOXKtOS7LX_7HcbQZwsU6hKSeoTLqrSglD7pLNzf/s280/t_2_3_4.jpg


5)    Pointer Operation

Pointer (variabel penunjuk) adalah suatu variabel yang berisi alamat memori dari suatu variabel lain. Alamat ini merupakan lokasi dari obyek lain (biasanya variabel lain) di dalammemori. Contoh, jika sebuah variabel berisi alamat dari variabel lain, variabel pertama dikatakan menunjuk ke variabel kedua.


6)    Operator Bitwise

Operator Bitwisemerupakan operator yang digunakan untuk melakukan operasi-operasi yang berhubungan dengan manipulasibit. Operator bitwise hanya dapat dilakukan pada operand yang bertipe char danint saja karena ini berkoresponden dengan tipe bytedan word didalam bit. Di dalam C++, terdapat operasi bitwise yang lengkap seperti sebagai berikut.

Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgsQn1FcAYH8c9ycqxvZmR9GIDPPYODILQmSyEfiMs74VUY7TUXjUCRIAwpnyrE4S1_dlpfEnCOdLSXtgRdxJvTPaEwFSg4ajGWYHvcb0v5Kl0KtoOcYytNVkMxMSZ23oBILm1ujQ-OfcSB/s280/t_2_3_5.jpg

Komentar