TUGAS KE 2 METODE PERANCANGAN PROGRAM
NAMA : DEWI PURWATI
KELAS : 12.3A.35
NIM : 12171556
Deskripsi :
Deskripsi :
KELAS : 12.3A.35
NIM : 12171556
TUGAS 2 METODE PERANCANGAN PROGRAM
1.
Buatlah pseudocode &
flowchart untuk menghasilkan 1 liter air denganmenggunakan tabung dengan ukuran 3
liter dan 5 liter.
DEKLARASI
Ø Inisiasi
tabung 1 liter
Ø Tabung 3
liter.
Ø Tabung 5
liter.
DESKRIPSI
Ø Input 1
liter air.
Ø Jika iya,
maka cetak 1 liter air.
Ø Jika tidak,
maka kembali input dan cetak sampai 1 liter air.
PSEDUCODE:
a. Isi penuh
tabung 3 liter dengan air (tabung 3 liter berisi 3 liter air).
b. Tuangkan air
dari tabung 3 liter ke dalam tabung air 5 liter (tabung 5 liter, sekarang
berisi 3 liter air).
c. Isi penuh
lagi tabung 3 liter dengan air (tabung 3 liter berisi 3 liter air).
d. Tuangkan air
dari tabung 3 liter ke dalam tabung 5 liter hingga penuh (di dalam tabung 3
liter sekarang tersisa 1 liter air).
e. Buang
seluruh air dari tabung 5 liter air (tabung 5 liter kosong).
f. Tuangkan air
dari tabung 3 liter (yang tersisa 1 liter tadi) ke dalam tabung 5 liter (tabung
5 liter sekarang berisi 1 liter air, tabung 3 liter kosong).
g. Logikanya
3+3=6 , 6-5=1
Flowchart:
2. Buatlah
Pseudocode & Flowchart untuk KHS sederhana,
dengan ketentuan :
Tabel Nilai
Nilai Huruf Keterangan
86-100 A Lulus
71-85 B Lulus
61-70 C Lulus
51-60 D Tidak
Lulus
0-50
E Tidak
Lulus
Inputan :
ü Nim
ü Nama
ü Mata Kuliah
ü Nilai (0-100)
Jawab :
Nim
: String
Nilai_angka : Interger
Nilai_huruf : Real
Nama : String
Mata
Kuliah
: String
Keluaran :
Ø Nim
Ø Nama
Ø Mata Kuliah
Ø Nilai Angka (0-100)
Ø Nilai Huruf (A-E)
Deskripsi :
Read Nim
Read Nama
Read Nilai IF Nilaiangka>=0 AND Nilai_Angka<=50 THEN
NilaiHuruf <- ‘E’ ELSE IF NilaiAngka>=51 AND NilaiAngka<=60
THEN
NilaiHuruf <- ‘D’ ELSE IF NilaiAngka>=61 AND NilaiAngka<=70
THEN
NilaiHuruf <- ‘C’ ELSE IF NilaiAngka>=71 AND NilaiAngka<=60
THEN
NilaiHuruf <- ‘B’ ELSE IF NilaiAngka>=86 AND NilaiAngka<=60
THEN
NilaiHuruf<- ‘A’ END IF IF NilaiAngka>=61 AND
NilaiAngka<=100 THEN
Ket<- “LULUS” ELSE IF NilaiAngka>=0 AND
NilaiAngka<=60 THEN
Ket<-“TIDAK LULUS”
END IF
WRITE NIM
Algoritma
Menu
è Menampilkan menu dengan 4 pilihan:
i. Persegi
empat.
ii. Lingkaran.
iii. Balok.
Catatan :
n Luas Persegi à Sisi :
Real
n Luas lingkaran àr :
Real
n Konstanta
phi àReal :
3,14
n Volume Balok à p . l.
t : Real
n Pilih
à Interger
Deskripsi :
WRITE (MENU)
WRITE (1.PERSEGI EMPAT)
WRITE (2.LINGKARAN)
WRITE (3. BALOK)
WRITE (4. KELUAR)
WRITE (Masukan pilihan (1-4) : )
READ (pilih)
DEPEND
ON pilih
pilih =1 :
WRITE (Masukan sisi persegi panjang : )
READ (sisi)
1.persegi <-sisi*sisi
WRITE (luas persegi empat adalah : )
WRITE (1_Persegi)
pilih = 2 :
WRITE (Masukan jari-jari : )
READ (r)
l_lingkaran <-Phi*(r*r)
WRITE (L_lingkaran)
Pilih = 3 :
WRITE (Masukan panjang balok)
READ (t)
WRITE (volume balok)
WRITE (Vol_Balok)
pilih = 4 :
WRITE (Terima Kasih)
OTHERWISE
WRITE (Masukan salah, Ulangi masukan)
Algoritma
Pseudocode switch-case
Catatan :
Ø Deskripsi
Ø Start
Ø Input
Pilihan
Ø Switc
(Pilihan)
Case 1 “Luas segiempat”
L <-3xs
break;
Case 2 “Luas Lingkaran”
L<- Tixr
break;
Case 3 “Volume Balok”
L <-p x l x t
break;
Case 4
keluar
Write
End
Flowchart:
3. Sebutkan contoh operator yang
digunakan dalam pemrograman dan contoh
penggunaan dalam program :
1) Arithmetic
operator
2) Assignment
operator
3) Logical
operator
4) Relational
operator
5) Pointer
operator
6) Bitwise
operator
Jawab :
1)
Arithmetic Operator/Operator Aritmetika
Arithmetic
Operator(Operator
Aritmatika) adalah operator yang digunakan untuk melaksanakan operasi
aritmatika.
Beberapa operator aritmatika antara
lain :
*
: untuk perkalian
+ : untuk
penjumlahan
- : untuk
pengurangan
/
: untuk pembagian
% : untuk
sisa pembagian (modulus)
2) Assigment Operator
Assignment
Operator (Operator
Penugasan) adalah operator yang menggunakan tanda sama dengan (=)
untuk mengisi sebuah nilai dalam suatu variabel.
3) Logical Operator/Operator
Logika/Boolean Operator
Operator
Booleanatau Operator
Logika adalah operator yang digunakan untuk melakukan operasi logika
yaitu operator yang menghasilkan nilai TRUE (benar) atau FALSE (salah).
Bebarapa
macam Operator Logika antara lain :
a) AND : Menghasilkan
nilai TRUE jika kedua
operand
bernilai
TRUE
b) OR : Menghasilkan
nilai TRUE jika salah satu
operand bernilai
TRUE
c) XOR : Menghasilkan
nilai TRUE jika salah satu
operand bernilai
TRUE tetapi bukan keduaduanya
bernilai TRUE
d) ! : Mengasilkan
nilai tidak TRUE
e) &&
: Menghasilkan nilai TRUE
jika kedua operand
bernilai
TRUE
f) || : Menghasilkan
nilai TRUE jika salah satu
operand bernailai
TRUE
4) Relational
Operation
Operator
Relasionalmerupakan
operator yang digunakan untuk menentukan relasi atau hubungan dari dua buah operand.
Operator ini ditempatkan di dalam sebuah ekspresi, yang kemudian akan
menentukan benar atau tidaknya sebuah ekspresi Di dalam C++, terdapat operasi
relasional seperti sebagai berikut.
5) Pointer
Operation
Pointer (variabel
penunjuk) adalah suatu variabel yang berisi alamat memori dari suatu variabel
lain. Alamat ini merupakan lokasi dari obyek lain (biasanya variabel lain)
di dalammemori. Contoh, jika sebuah variabel berisi alamat dari variabel
lain, variabel pertama dikatakan menunjuk ke variabel kedua.
6) Operator
Bitwise
Operator Bitwisemerupakan
operator yang digunakan untuk melakukan operasi-operasi yang berhubungan dengan
manipulasibit. Operator bitwise hanya dapat dilakukan pada operand yang
bertipe char danint saja karena ini berkoresponden
dengan tipe bytedan word didalam bit. Di
dalam C++, terdapat operasi bitwise yang lengkap seperti sebagai berikut.







Komentar
Posting Komentar